TIM PKM UNISNU DAMPINGI UMKM ROTI DAN CATERING DESA PENGKOL KABUPATEN JEPARA

TIM PKM UNISNU DAMPINGI UMKM ROTI DAN CATERING DESA PENGKOL KABUPATEN JEPARA

Tim Pengabdian PKM (Program Kemitraan Masyarakat) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara telah mengadakan kegiatan pelatihan di salah satu home Industri Roti dan Catering di Desa Pengkol Kabupaten Jepara. Kegiatan dilaksanakan di lokasi mitra pengabdian yaitu Tania Catering Pengkol Jepara. Pelatihan ini fokus pada pelatihan Inovasi, Pengembangan dan Branding Produk. Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah memberikan wawasan dan pengetahuan baru untuk home industri roti dan catering di Pengkol Kabupaten Jepara. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini para home industri diharapkan dapat meningkatkan keterampilan variasi produk dan nantinya akan mampu untuk meningkatkan omset penjualan.


Tim pengabdian bekersajama dengan Sriboga UMKM Center untuk bersama-sama mendampingi para home industri roti dan catering. Adapun tim dari siboga yang hadir dalam kegiatan yaitu Roni Setiawan, dan Mulyadi. Dalam paparannya ketua tim pengabdian Safrizal, ST., MT. Menjelaskan bahwa program ini merupakan salah satu rangkain dari pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat, yang nantinya juga tim pengabdi akan memberikan inovasi tentang alat pengembang otomatis dan oven kontrol suhu otomatis, serta berbagai pendampingan terkait dengan manajemen usaha, pemasaran dan perbaikan kemasan produk. 

Kegiatan pelatihan dihadiri puluhan home industri roti dan catering di Kabupaten Jepara. Acara pelatihan dibuka oleh Kepala LPPM Unisnu Jepara yaitu Dr. Sisno Riyoko, MM. dalam sambutannya “kami mengucapkan selamat kepada pak safrizal selaku ketua tim pelaksana pengabdian yang telah menginisiasi program ini sehingga kegiatan ini dapat berjalan, dan saya berharap program ini tentunya dapat membantu para home industri untuk dapat tumbuh dan berkembang setelah 2 tahun kemaren dilanda pandemi covid 19”.



Pelatihan inovasi produk ini memberikan edukasi terkait aneka resep kue dengan praktek atau demo langsung tentang bagaimana cara membuat roti manis dan Croisan. Pelatihan ini yang sangat dibutuhkan oleh home industri Roti dan catering yang mana ini merupakan salah satu produk unggulan yang diminati oleh banyak konsumen atau pembeli. Para peserta kegiatan sangat antusias dan aktif mengikuti kegiatan ini terlihat dari respon yang positif yang nampak pada peserta kegiatan. Selain hal itu juga para peserta juga diberikan keterampilan tentang teknik pengembangan dan pemanggangan roti supaya hasil roti yang diproduksi dapat matang dengan maksimal dan mempunyai tekstur yang lembut serta renyah.


Tim pelaksana juga mengucapkan terima kasih kepada DRTPM Kemendikbud yang telah memfasilitasi program ini sehingga kegiatan pengabdian ini dapat berjalan dengan baik. Semoga kegiatan-kegiatan selanjutnya dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan program-program yang sudah direncakan oleh tim pelaksana pengabdian. Diakhir kegiatan para peserta pelatihan secara bersama-sama mencicipi hasil resep yang telah dibuat dan dilanjutkan dengan foto bersama.


Dokumentasi Kegiatan

dokumentasi kegiatan

dokumentasi kegiatan


Admin LPPM

Komentar