Sinergikan Program LPPM dengan BAPPEDA Kabupaten Jepara

Sinergikan Program LPPM dengan BAPPEDA Kabupaten Jepara

bappeda unisnu 2021

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unisnu Jepara dipimpin oleh Kepala LPPM Unisnu Jepara Dr. SIsno Riyoko, SE., MM. bersama dengan Kabid Penelitian, Kabid Pengabdian dan Staf melakukan audiensi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Jepara di ruang rapat 1 Kantor Bappeda. Kegiatan terlaksana pada hari Selasa, 09 November 2021.

Ada beberapa agenda yang didiskusikan pada pertemuan ini dalam rangka sinergitas program LPPM UNISNU Jepara dengan Bappeda Kabupaten Jepara.


Dalam sambutanyan kepala Bappeda Jepara menyampaikan “menyambut baik akan kedatangan tim LPPM pada hari ini, bahwa Bappeda memang tidak bisa secara mandiri melakukan penelitian atau kajian-kajian lainnya, maka dengan itu memang perlu adanya sinergi dengan berbagai lembaga atau lainya diantaranya yaitu LPPM UNISNU Jepara.

bappeda unisnu
           

Fokus diskusi pada pertemuan hari ini yakni tentang Pendampingan satu OPD satu desa yang digagas oleh Bappeda dalam rangka untuk menuntaskan kemiskinan yang ada di Kabupaten Jepara. Seperti yang disampaikan oleh Bappeda saat pertemuan FGD dibeberapa waktu yang lalu bahwa fokus pendampingan desa kategori desa miskin ada 28 desa. Berdasarkan pada hal tersebut maka dengan ini LPPM menyambut baik program yang digagas oleh Bappeda untuk dapat disinergikan dengan LPPM.


Menurut kabid pengabdian Azzah Nor Laila, M.S.I. “salah satu program pengabdian yang dapat disinergikan dengan program satu OPD satu desa yaitu program pengabdian kepada masyarakat, baik itu program  pengabdian reguler ataupun pelaksana kegiatan KKN. Selama ini dosen dan mahasiswa Unisnu sudah melaksanakan berbagai pendampingan terkait dengan UMKM, Kelompok, ataupun lembaga pendidikan ataupun lainnya”.


Disisi lain Kabid penelitian RH.Kusumodestoni, M.Kom juga menyampaikan bahwa di bidang penelitian juga melakukan kajian-kajian, salah satu kajian yang dilakukan oleh bidang penelitian yaitu Kajian Ratu Kalinyamat. Harapan dari bidang penelitian jika dari Bappeda Kabupaten Jepara perlu melakukan kajian-kajian dapat bersinergi dengan Unisnu Jepara karena Unisnu Jepara memiliki 5 Fakultas, 1 program pasca dan 19 Prodi yang hal ini tentunya SDM kami juga sangat banyak untuk dapat melakukan kajian-kajian keilmuan. Selain itu juga kami ada lembaga penerbitan yaitu UNISNU Press. Sehingga harapan kedepan jika hasil-hasil kajian atau lainnya yang dilakukan oleh Bappeda kami dapat membantu dalam proses penerbitan buku hasil luaran program tersebut.


Audiensi pertama kali ini yang dilakukan oleh LPPM bersasama dengan Bappeda menjadi langkah awal LPPM untuk dapat melaksanakan kegiatan – kegiatan bersama khususnya program pendampingan satu OPD satu desa. Seperti apa yang disampaikan oleh kepala Bappeda saat menutup kegiatan audiensi ini kedepan harapan kami ada masukan-masukan dari Unisnu Jepara terkait dengan isu-isu kedepan yang perlu diantisipasi dan perkembangan-perkembangan apa yang timbul dimasa yang akan datang.


foto bersama bappeda

foto bersama bappeda

Notulen Kegiatan : Muchammad Sholahuddin


Admin LPPM

Komentar