Pelatihan Menulis Buku, Mewujudkan Guru Profesional

Pelatihan Menulis Buku, Mewujudkan Guru Profesional

Minggu, tanggal 28 Juli 2019 UNISNU PRESS bekerja sama dengan Yayasan Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara menyelenggarakan program pengembangan kapasitas guru melalui pelatihan penulisan buku ajar dengan tema “Satu Guru Satu Buku”. Pelatihan yang dilaksanakan merupakan upaya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) sebagai cermin profesionalisme guru, karena mereka dituntut mengembangkan diri, publikasi ilmiah, dan menghasilkan karya inovatif.

Pelatihan penulisan buku ajar ini merupakan tahap pertama dalam rangkaian program “Satu Guru Satu Buku”. Pada tahap pertama pelatihan dihadiri 30 peserta dari MI, MTs, dan MA Safinatul Huda. Pada tahap kedua akan diadakan kembali pelatihan tentang praktik menulis buku dan fasilitasi penerbitan bagi guru dari UNISNU Press. Tahap terakhir guru-guru akan didampingi selama 5 pertemuan untuk menulis buku hingga buku siap terbit.

Pelatihan dibuka oleh. Drs. Fathul Huda, MM selaku ketua LP Ma`arif Jepara sekaligus pembina yayasan Safinatul Huda. Beliau menyampaikan bahwa “pelatihan penulisan buku harus sering-sering dilakukan untuk meningkatkan kualitas para dewan guru, terlebih dikalangan NU, yang berarti dibawah naungan LP Ma`arif”.  

“Di Yayasan Safinatul Huda ada delapan guru yang menjadi Tim MGMP, sehingga jika didampingi secara teratur maka guru mampu membuat buku ajar sendiri maupun ditularkan untuk rekan guru lainnya”. Lanjut beliau.

Mitra pengabdian, Achmad Makhali,  SE,  M. Pd, sekaligus kepala MTs. Safinatul Huda menyampaikan terima kasih atas pelatihan yang diselenggarakan dan berpesan agar target 2 buku yang dihasilkan oleh para guru di Yayasan Safinatul Huda dapat terlampaui.

Narasumber pertama adalah anggota Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Drs. Maswan, MM. Beliau memberikan motivasi agar guru giat menulis. Semangat narasumber mampu menggugah minat guru untuk segera menulis. Narasumber kedua, Dr. H. Subaidi, M.Pd Dosen Pascasarjana UNISNU Jepara menyampaikan materi tentang tehnik penulisan buku ajar yang diturunkan dari Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Penanggung jawab UNISNU Press, Purwo Adi Wibowo, M.Sc, sangat mendukung karena memberikan manfaat praktis bagi guru di sekolah dasar dan menengah dalam bidang kepenulisan buku. “guru-guru yang telah berhasil membuat draft buku ajar kan mendapatkan fasilitas penerbitan dan percetakan agar buku dapat digunakan oleh siswa”. Imbuh Purwo, yang juga ketua LPPM UNISNU Jepara.

Pada sesi penutupan, Drs. Maswan, MM tetap menekankan agar ilmu yang diperoleh dan semangatnya tidak hanya pada saat pelatihan, namun juga dilanjutkan sampai berhasil sampai menulis draft buku.

Salah satu peserta, Ubaidillah, mengungkapkan bahwa pelatihan sangat menginspirasi terutama dalam hal menulis buku secara efektif dan efisien. “saya sangat senang bisa berpartisipasi dan mengikuti pelatihan. Saya mendapatkan banyak ilmu untuk diterapkan. Buku yang saya hasilkan akan saya terbitkan melalui UNISNU Press karena ada bantuan fasilitasi penerbitan dan percetakan” tuturnya.

Selaku tim pengabdian UNISNU Press mengatakan tahap pelatihan selanjutnya yaitu praktik penulisan buku dan pendampingan penulisan buku ajar hingga buku terbit dan naik cetak


Admin LPPM

Komentar