LPPM UNISNU GELAR TRAINING OF TRAINER (TOT) BAGI REVIEWER INTERNAL

LPPM UNISNU GELAR TRAINING OF TRAINER (TOT) BAGI REVIEWER INTERNAL

Untuk menghasilkan proposal yang berkualitas dan memiliki daya kreatifitas yang baik dalam program Hibah Reguler Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara tahun 2022 maka diperlukan Reviewer yang berkompeten dan profesioal dalam bidangnya. 


Guna mewujudkan hal tersebut Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNISNU menggelar kegiatan pelatihan yang dikemas dalam bentuk Training of Trainer (TOT) bagi Reviewer Internal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan secara hybrid pada Kamis, (21/4/2022) di Ruang P1 Pascasarjana dan Via Zoom Meeting. 


Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor Bidang I UNISNU Dr. H. Mahalli, M.Pd, Kepala LPPM Dr Sisno riyoko, MM, Kepala Bidang Penelitian R.H Kusumodestoni, M.Kom, Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat Azzah Noor Laila, M.S.I. serta dosen yang lolos sebagai reviewer Internal Pengabdian maupun Penelitian. 


Wakil Rektor Bidang I Dr.H.Mahalli, M.Pd manyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada LPPM UNISNU Jepara atas terselenggaranya TOT Reviewer Internal tahun 2022. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan profesionallisme reviewer Bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. 


“Kegiatan TOT Reviewer ini sangat penting untuk reviewer ketika mengambil keputusan (adjustment ) terhadap karya ilmiah dosen. Seorang Reviewer Harus menguasai betul mengenai bidang yang akan direview. Sifatnya harus independen, jujur, komitmen dan objektivitas. kriteria yang lolos dalam penilaian harus bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah”  ujar Dr. H. Mahalli, M.Pd


Sementara itu Kepala LPPM UNISNU Jepara Dr. Sisno Riyoko, SE.,M.M menyampaikan program TOT ini guna memberikan pelatihan kepada reviewer Internal untuk dapat meningkatkan kemampuan dan kapasitas di bidangnya. Sehingga proposal yang akan direview dan yang lolos nantinya memang proposal yang berkualitas. 

“Harapannya dengan TOT ini, reviewer dapat meningkatkan kemampuan dan mempersiapkan diri dengan baik guna mendukung suksesnya program ini. sehingga proposal yang mendapatkan pendanaan benar-benar proposal yang berkualitas sesuai dengan format dan kesesuaian dengan skema, konten, keterbaruan dan lain sebagainya” ujar Sisno Riyoko. 


Hadir sebagai Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Prof. Dr. Muji Setiyo, ST.MT selaku Kepala LPPM UNIMA Magelang dan Dr. Achmad Buchori, S.Pd M.Pd selaku Ketua Inkubator Bisnis dan pengembangan Jurnal UPGRIS.


Muji Setiyo selaku Narasumber pada Materi TOT Reviewer Penelitian menyampaikan mengenai tahap review proses penelitian, hal-hal yang harus diperhatikan oleh reviewer sampai praktek dalam mereview proposal.


Sementara itu,  Dr. Achmad Buchori, S.Pd M.Pd selaku Ketua Inkubator Bisnis dan pengembangan Jurnal.yang menjadi Narasumber TOT Reviewer Bidang Pengabdian menyampaikan ruang lingkup fokus pengabdian kepada masyarakat hingga proses review pada proposal pengabdian. Acara dilanjutkan dengan sharing session antara peserta TOT dengann narasumber. Acara TOT reviewer Internal UNISNU Tahun 2022 ditutup dengan dokumentasi bersama. 



Admin LPPM

Komentar