DOSEN UNISNU JEPARA DAMPINGI PRODUKTIVITAS HASIL TANGKAPAN IKAN MELALUI BANTUAN TEKNOLOGI

DOSEN UNISNU JEPARA DAMPINGI PRODUKTIVITAS HASIL TANGKAPAN IKAN MELALUI BANTUAN TEKNOLOGI

Kemaren (21/12) TIM Pengabdian KKB (Kegiatan Kampung Bangkit) Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara telah mengadakan kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Teknologi Alat Bantu Tangkap Ikan di Kelompok Nelayan Karya Mina Jaya 01 Kelurahan Demaan Kab, Jepara. Kegiatan dilaksanakan di Gedung MCK Kelurahan Demaan. Pelatihan ini fokus pada pengenalan dan pengetahuan tentang Teknologi Bantu Alat Tangkap Ikan.

Kelurahan demaan yang berada di pesisir pantai mempunyai potensi yang selayaknya menjadi penghasilan dan peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Sehingga kontribusi dan pendampingan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk menunjang potensi tersebut.

Ketua Tim Lucky Mudiarti mengungkapkan, pentingnya intervensi teknologi dalam pengembangan ekonomi kelautan khususnya Dengan bantuan teknologi, yang dimana tugas nelayan tidak hanya mencari ikan, tapi menangkap ikan dengan bantuan alat fish finder. Kapal yang dilengkapi peralatan teknologi digital sudah terbukti dapat menggenjot hasil tangkapan ikan."

Melalui bantuan dari Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi melalui program insentif pemberdayaan masyarakat terintegrasi dengan MBKM berbasis kinerja IKU tim pengabdi memberikan sejumlah bantuan sarana perikanan bagi kelompok nelayan. Bantuan atau peralatan yang diberikan diantaranya GPS, Fish Finder, Cool Box dan jaring ikan. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas hasil tangkap melalui penggunaan teknologi dan perlengkapan yang lebih baik, sehingga perekonomian kelompok nelayan dapat meningkat dan mampu menjadi sebuah pekerjaan yang layak dan menjanjikan untuk keluarga.

GPS berfungsi untuk menentukan posisi saat dilaut, menentukan rute perjalanan, menandai tempat-tempat strategis seperti tempat yang banyak ikan, tempat kapal karam, dangkal dsb. Sehingga dengan alat ini operasional nelayan khususnya BBM menjadi hemat karena sudah ada rute dan arah yang jelas. Selain itu penggunaan fish finder tentunya akan memudahkan nelayan untuk memindai atau menangkap sinyal keberadaan ikan yang berada dilaut untuk kemudian ditampilkan melalui layar monitor. Dengan adanya alat ini diharapkan kelompok nelayan lebih mudah dalam mencari ikan sehingga tangkapan ikan nelayan dapat lebih optimal dan mendapatkan hasil yang banyak.

Ketua kelompok nelayan Karya Mina Jaya Heri Rejo menyampaikan secara khusus “ucapan terima kasih kepada Tim Dosen Unisnu Jepara dan Kemendikbud yang telah memberikan pendampingan dan bantuan peralatan kepada kelompok kami, dengan adanya pendampingan ini mudah-mudahan kelompok KMJ lebih semangat dan giat dalam mencari ikan di laut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan perekonomian keluarga khususnya dan warga kelurahan pada umumnya”

Diakhir kegiatan dilaksanakan foto bersama dan penandatangan berita acara serah terima barang kepada kelompok nelayan karya mina jaya kelurahan Demaan Kabupaten Jepara.

Komentar



Berita Terkait