Diseminasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Alat Kontrol Suhu dan Kelembapan Otomatis Aplikasi Pada Kumbang Jamur

Diseminasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Alat Kontrol Suhu dan Kelembapan Otomatis Aplikasi Pada Kumbang Jamur

Lembaga penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNISNU bersinergi dengan BAPPEDA Kab. Jepara menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Alat Kontrol Suhu dan Kelembapan Otomatis Aplikasi Pada Kumbang Jamur. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 03 November 2021 bertempat di Mitra Industri Jamur Bapak Sulis yang beralamat desa Bumi Harjo kecamatan Keling.

Program ini untuk memberikan akses teknologi tepat guna bagi masyarakat khususnya pada pengusaha industri Jamur. Kegiatan diseminasi TTG dihadiri oleh kelompok Tani Desa Bumiharjo, Ibu PKK Desa Bumi Harjo dan masyarakat sekitar. Konsep acara pada diseminasi ini pertama adalah penyampaian materi kemudian praktik  langsung Alat Kontrol Suhu dan Kelembapan Otomatis di lumbung Jamur.

Desiminasi teknologi tepat guna oleh lppm unisnu jepara

Dalam sambutannya, Kepala BAPPEDA Kab. Jepara yang diwakili sekretaris BAPPEDA Bapak Adi Sasongko memberikan apresiasi kepada masyarakat Desa Bumiharjo khususnya kelompok tani yang antusias dalam mengikuti kegiatan Diseminasi ini. Beliau juga menambahkan agenda ini terlaksana dengan adanya sinergi dengan LPPM UNISNU yang merupakan tindak lanjut dan implementasi dalam program bidang penelitian dan pengembangan Masyarakat terkait diseminasi Teknologi Tepat Guna yang mudah-mudahan memberikan kemudahan buat petani jamur dalam mengelola usaha jamurnya.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dan sosialisasi dari Kepala LPPM UNISNU Dr. Sisno Riyoko, SE.,ME terkait wujud pengabdian Masyarakat. Beliau menyampaikan bahwa wujud pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dosen UNISNU semoga memberikan dampak positif dan kebermanfaatan usaha. Beliau juga menyampaikan masyarakat bisa memanfaatkan SDM ataupun UNIT yang berada di LPPM untuk peningkatan SDM di Masyarakat.

Penyampaian materi pertama disampaikan oleh Bapak M. Sagaf, ST.,MT yang merupakan pencipta alat. Beliau menyampaikan konsep dan penggunaan Alat Kontrol Suhu dan Kelembapan Otomatis pada tanaman Jamur. Materi Kedua disampaikan Zaenal Arifin, ST., MT yang menyampaikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang sangat bermanfaat untuk lingkungan minim akan listrik. Dilanjutkan sharing session dengan masyarakat dan kelompok tani. Para audiensi sangat aktif dan antuias bertanya kepada narasumber. Setelah penyampaian materi selesai, kemudian praktik penggunaan alat bersama-sama dengan kelompok tani dan masyarakat. 

desiminasi teknologi tepat guna unisnu
Notulen Kegiatan : Husni Mubarok

Admin LPPM

Komentar